Jumat, 01 Mei 2020

Puasa ke 8: Pagar Sedekah

Pagar Sedekah.
Terinspirasi dari status di FB bebera hari yang lalu.   Akhirnya saya coba buat ini di pagar rumah saya sendiri.  Mudah2an ada yang mau mengambil.  Aamiin
Seusai jamaah shalat subuh.  Saya langsung bersih-bersih rumah.  Setelah itu ganti baju dan bergegas menstater motor kicil saya.  Tujuannya yaitu ke salah satu toko besar di Desa Sraturejo.  Sebelum itu, mampir dahulu ke Bank BRI untuk mengambil uang.  Namun karena antrian nya sangat panjang, maka saya putuskan ke ATM lain yang dekat dengan toko.  Benar saja, di sana yang antri hanya dua orang saja.  Saya harusnya masuk nomer tiga.  Namun karena bapak yang nomer dua sedang berbaik hati,. Saya diperkenalkan mengambil duluan.  
"Matur nuwun, Pak,' kata saya begitu keluar dari ATM.  
Beliau hanya mengangguk dan tersenyum.  Lalu buru-buru masuk.   
Sedangkan saya kembali melanjutkan perjalanan.  Sesampainya di tempat yang ingin saya tuju, ternyata tutup.  Di depan toko itu ada tulisan, "hari Jumat tutup."
Saya lalu pergi toko lain yang buka.   Masih di Desa Sraturejo juga.  Ternyata kasir toko itu Siswa saya waktu SMP.  Namanya Citra Arindi.
Setelah basa-basi sebentar, saya langsung pesan minyak goreng satu karton, tepung beras dua pak, teri kecil satu kilo gram, mie instan satu karton, dan plastik untuk membungkus.  Sedang berasnya sudah beli di Anik Hidayati, adikku sendiri.  Oh iya, kemarin juga sudah beli telur dua kilogram di Desa Tingan.
Setelah membayar, dan semua belanjaan ditata rapi oleh Citra Arindi.   Saya pun pamit pulang.
Sesampainya di rumah, langsung bungkus-bungkus.  Dengan membaca bismilah, tulisan dan bingkisan itu saya pajang di pagar depan rumah.
Alhamdulillah... Belum ada 1 jam sudah habis.   Awalnya ada satu anak yang baca.  Lalu duduk di bawahnya.  Saya teriak dari dalam rumah, "ambil saja.  Kasih tahu temanmu yang lain!"
Lalu dia mengambil.  Beberapa menit kemudian, datang lagi bersama teman2nya.   Ada juga yang nenek tua, dan lain2.  
Entah kenapa, setelah melihat semua itu, saya langsung semangat bungkus2 lagi buat besuk.  Mas Eriansyah Prabu juga semangat membantu.  Barakallah....

7 komentar:

  1. Kalau saya langsung ke yang saya ketahui beberapa keluarga yang tidak mampu. supaya tepat yang membutuhkan. Biasanya banyak yang malu malu kalau mengambil. Tetap semangat ya buuu, Barakallah apapun jenisnya semoga bisa membantu mereka, insyaallah berkah. Aamiin.

    BalasHapus
  2. Ramadhan Bulan Yang Suci dan Mulia, Semoga Allah SWT memberikan Ampunan kepada kita dan kita dapat menjadi insan yang lebih baik. Aamiin

    BalasHapus
  3. Luar biasa berbaginya. Saran sy yetangga yg .embutuhkan langsung kita beri. Kalau besok dipajang lagi mungin anak uang ambil bisa sama.

    BalasHapus