Sabtu, 02 Mei 2020

Ramadan ke 10: Doa untuk Almarhum Ibu dan Bapak

Puasa.ke 10
Pagi ini, sehabis subuh.   Begitu membuka pintu depan, saya melihat ibu2 mulai duduk2 di samping rumah saya. Kebetulan di situ ada posko kovid 19 yang dibuat karang taruna.  Kebanyakan mereka janda tua.  Ada sih beberapa yang muda.  Istri2 tukang becak. Menunggu, tentunya.   Jadi saya tak perlu meletakkan bingkisan sembako di pagar lagi.  Langsung saja saya kasihkan. 
Sebenarnya isi bingkisan itu tidak seberapa.  Hanya sekilo beras, sebungkus mie instant, sebungkus ikan teri, sebutir telur ayam, sebungkus minyak goreng, sebungkus tepung bumbu, sebungkus bawang dan sebungkus brambang.  Tapi mengapa mereka rela menunggu?  Pasti karena kebutuhan.  Saya hanya merasa bersyukur saja.  Seorang anak yang sejak kecil sudah yatim, saat ini berkecukupan.  Tidak berlebihan sih.  Tapi bisalah sedikit dipaksa untuk berbagi.   Memang harus sedikit dipaksa.  Itu ajaran dari almarhumah ibu saya.  Beberapa tahun sebelum meninggal.  Saya tawarkan untuk daftar haji bersama kami.  Kebetulan saya barusan menjual tanah yang di Kedungpring.  Karena sudah beli dan akan buat rumah di Bojonegoro.  Tapi beliau menolak.   Malah meminta uang itu untuk dibagi2kan ke tetangga.  Jadi sampai meninggal, ibu saya belum haji.  Tapi saya yakin, Gusti Allah sudah memberinya pahala haji.  Alfatihah buat almarhumah Ibu Kiswati. Juga Bapak Darman.   Beliau meninggal waktu saya masih kelas 1 SMP.   Saat ini.  Kami anak2nya hanya bisa berdoa dan melanjutkan cita-citanya.  Berbagi walau tak berlebih.  
Almarhumah ibu saya itu paling marah kalau kami sering beli baju.  Mengumpulkan gombal saja, buat apa? Mending uangnya disedekahkan. Kalau sampai sekarang kalian sering melihat saya pakai baju yang itu2 saja, ya memang karena baju saya tidak banyak.

2 komentar:

  1. Alhamdulillah...barokallah
    Untuk almarhum bapak dan ibu bu Emi...lahum Al Fatihah

    BalasHapus