Rabu, 15 April 2020

Belajar INOBEL dari Guru Ganteng

Belajar INOBEL dari Guru Ganteng.
Bapak Tri Agus Cahyono
Juara 1 INOBELNAS SD Kategori MIPA

15 April 2020
Sebelum asyar, Om Jay mengumumkan.  Bahwa malam ini yang akan menjadi narasumber adalah Bapak Tri Agus Cahyono.  Saya langsung berkomentar, "mantap."

Sebenarnya saya sudah mengenal beliau sejak tahun 2016 lalu.  Selain ganteng, guru muda ini sangat ramah dan mudah bergaul. 

Diawal pertemuan malam ini,. beliau bertanya,  "bisa dimulai Bpk/Ibu. Bagaimana acara ini mohon kami diberi pengarahan 🙏

Setelah moderator memberikan kesempatan, beliau langsung menyapa.

" Assalamu alaikum wr. wb Bpk./ Ibu grup belajar menulis gelombang 7. Selamat Malam. Alhamdulillah berkah bagi kami bisa bergabung dalam grup ini. Di sini saya sangat malu jika sebagai narasumber tentu saja Bpk./Ibu semua lebih berpengalaman dan lebih hebat dari kami. Jadi tolong anggap ini sebagai sharing pengalaman saja apa yg telah kami peroleh selama mengabdi menjadi guru. Untuk mengawali kegiatan ini marilah kita berdoa sesuai kepercayaan kita masing-masing. Silahkan.

Sesuai Tema yg kami ambil "Karya Inovasi & Kualitas Diri" 
Pada hakikatnya sebuah karya inovasi adalah puncak dari proses belajar seseorang.

Sesuai taksonomi Bloom yg telah direvisi oleh Krathwool.

Ada 6 tahapan berfikir kognitif:
1. Mengingat (C1)
2. Memahami (C2)
3. Menerapkan (C3)
4. Menganalis (C4)
5. Mengevaluasi (C5)
6. Menciptakan (C6)

Dalam taksonomi tersebut Karya inovasi adalah sebuah tahapan puncak dari proses berfikir.
Jadi ketika kita menginginkan sebuah karya inovasi yang baik, maka kita tidak boleh melewati tahapan2 tersebut.

Jangan sampai kita berinovasi tapi: 
1. Tidak tahu ilmunya
2. Tidak paham maksudnya
3. Tidak pernah menggunakan
4. Tidak bisa menganalisis bagian2nya
5. Tidak bisa menilai kelebihan dan kekurangannya.

Jadi intinya jika anda ingin menciptakan karya inovasi maka anda harus belajar menguasai materi keilmuan dari karya tersebut.

Ketika final lomba Karya Inobel yg dinilai bukan sekedar bagaimana karya tersebut atau karya tulisnya tetapi yg paling penting dan lebih utama adalah bagaimana penciptanya/inovatornya yg akan ditelisik oleh dewan juri melalui presentasi dan tanya-jawab.


Nah bagaimana cara kita belajar untuk meningkatkan kualitas diri dan sekaligus menciptakan sebuah karya inovasi adalah dengan bekerja.

Belajar kita lakukan pada saat mengajar.

Cara belajar paling baik adalah dengan mengajar.

Apa yg membuat bpk tertarik melakukan inovasi pemeblajaran di kelas bpk?

Ketika kita berC1 sd C5 ada sebuah ketika puasan.

Setelah kita belajar, mengingat, memahaminya, menerapkannya, menganalisisnya, kita pasti mengevaluasinya (kekurangan dan kelebihan)

Disitulah rasa ketidakpuasan akan muncul.


Dan daya cipta kita sebagai manusia ( kreativitas) akan muncul.

Nah sekarang bagaimana kita memilih bidang yg akan kita buat inovasinya.

Kuncinya "APIK" (saya kutip dari Pak Arif Edi)

1. Asli (jangan menjiplak)
2. Perlu (benar2 dibutuhkan)
3. Inovativ
4. Konsisten.

Ok, sekarang saya berikan contoh karya inovasi kami yg mendapatkan penghargaan inobel 2016

Namanya media "Planetarium Bekam"

Media ini adalah hasil dari ketidak puasan terhadap media konvensional yg selama ini kami gunakan yaitu globe.

Bertahun2 menggunakan globe hasilnya selalu biasa-biasa saja.

Anak tidak tertarik/kurang termotivasi dan prestasi belajar kurang memuaskan.


Prestasi kurang lebih disebabkan kurangnya motivasi.

Motivasi rendah lebih disebabkan materi bukan pada zona motivasi (jangkauan anak).

Zona motivasi anak itu adalah sesuatu yg menantang namun bisa dikerjakan.

Jadi jika materi terlalu sulit dan terlalu mudah maka dipastikan anak kurang termotivasi.


Ketika menggunakan globe dalam pembelajaran IPA untuk menerangkan materi pergerakan Bumi & Bulan, anak dipaksa berfikir sangat abstrak.

Jadi penasaran dengan media ini. Namanya "Planetarium  Bekam."

Fungsi media ini adalah mempermudah observasi.

Ketika anak memperbandingkan globe yg diperagakan dengan lampu senter dan mengakomodasikan dengan kejadian sebenarnya antara Bumi, matahari, dan bulan sangat sulit.

Disinilah ketidakpuasan terhadap globe muncul.

Kita analisis kelebihan dan kekurangan globe dalam menjelaskan materi tersebut.

Kelebihan: 
1. Model yg paling sesuai 
2. Ada di sekolah 
3. Mudah digunakan
4. ...dll
Kekurangan:
1. Tidak bisa menampilkan bagaimana kenampakan langit dari bumi saat diperagakan.

Meskipun anak kelas 6 sudah mampu berfikir abstrak namun kemampuan tersebut masih terbatas.

Khusus pada gerak semu atau bukan gerak sebenarnya anak sangat kesulitan untuk menerima konsep tersebut.

Semisal Gerak semu harian matahari.

Kita menyampaikan ke anak bahwa gerak semu harian matahari. Matahari tidak bergerak tetapi yg bergerak adalah bumi.

"Saya sudah menampung 3 pertanyaan Pak Agus", Kata moderator.

"Ok Bu, silahkan disampaikan saja." Jawab Pak Agus.

1.   Apakah karya inobel yang juara mesti ada unsur TIK- nya...? Pak Azis guru di Demak

2.Slmt malm pa Agus, boleh ceritakan  lebih dalm karya inovatif  yang pernah anda buat sampai dikenal  dan mendapat prestasimu itu?Pak Simon Kupang.

3.Yang manakah  media / alat peraga yang lebih pertimbangkan  oleh dewan juri saat kita mengikuti lomba inobel apakah yang bersifat tradisional atau modern . Tentu dengan telah memperhatikan fungsi dan kegunaanya dlm pencapaian IPK siswa. Terimakasih. 
Prihariyani _ Semarang.

Jawaban Pak Agus:
1. Selamat malam Pak @Aziz Demak 
Tidak selalu, tergantung kebutuhan. Karya manual sederhana namun idenya luar biasa akan dapat melebihi karya yg berbasis TIK.

2. Selamat malam Pak @⁨Simon Anunu⁩ Kupang. Iya tentu akan kita bahas.

3. Kelebihan dari sebuah karya bukanlah dari sifat modern atau tradisionalnya tetapi lebih kepada kebermanfaatan, ide, dan kemudahan untuk digunakan dan direplika oleh orang lain. Meskipun karya berbasis TIK kelihatan lebih keren tetapi sulit untuk ditiru dibuat oleh guru lain atau sulit diaplikasikan di daerah2 tertentu maka nilainya akan kurang.

Kelemahan globe tadi adalah tidak bisa menampilkan bagaimana gerak semu matahari.
Sehingga menjadi sulit bagi anak.
Maka anak akan lemah motivasinya untuk terus belajar.
Itu kendala yg harus diselesaikan.
Nah dimana saya dapat ide? Untuk menyelesaikan
 masalah tersebut.

Maaf videonya over kapasitas.

ok saya coba  jelaskan lewat tulisan.
aktifitas saya dengan kamera sangat tinggi.


hampir setiap kegiatan saya rekam foto dan video.

4. Slmt malm pa AGUS, SAYA sudah nonton  lihat sekolahmu di desa, bagaimana kerja sama guru dan kepsek  di sekolahmu melihat  dan mendukung prestadi anda? Pak Simon Kupang.

Jawab : mereka adalah rekan yang luar biasa, sangat mendukung dan membantu saya dalam mengikuti kegiatan2 di luar sekolah.

ketika kita merekam video dengan kamera action cam misalnya.
kita menggunakannya dalam kondisi bergerak.

sedangkan obyek yang kita shot tidak bergerak.
maka ketika kita memutar videonya.
hasilnya benda yang kita shot kelihatan bergerak padahal aslinya tidak bergerak.
dan kamera merupakan alat optik yang menyerupai kinerja mata.
sehingga saya mempunyai ide memasang kamera pada globe sebagai pengganti mata kita.


5.Selamat Malam...blhkah sy bertanya...dl sebelum ada tagline ttg INOVASI PEMBELAJARAN apkh di Indonesia kegiatan pembelajaran yg dilakukan guru2 sama sekali blm mengarah pd kegiatan Inovasi Pembelajaran ? Apkh seperti RA Kartini yg meminta gurunya yaitu Mbah Sholeh Darat utk mentranslate Al Quran dlm terjemahan bs d katakan sbg inovasi pembelajaran ? Td d katakan secara implisit bhw Globe sbg media pembelajaran pdhl antara media pembelajaran dan alat peraga itu tdk sama. Pak Beny Kediri.

6. Mohon di jlskan perbedaan alat peraga dan media pembelajaran menurut bpk pemateri. Terimakasih.Pak Beny Kediri.
7. Maaf P. Agus, mungkin ada gambar atau video inobelnya biar lebih jelas.
Agus Purwadi, Ponjong.
 
Jawab:
Menurut saya Alat peraga  adalah bagian dari media.

Ini adalah video terbaik yg memunculkan ide dasar tersebut.

Itu ketika saya naik wahana cangkir (komedi putar) di Dufan.

Perhatikan teko dalam video tersebut.
Teko kondisi sebenarnya tidak bergerak.
Tetapi dalam video bergerak.

Keren banget  pasti siswanya  seneng dan motivasi akan timbul.

Itulah yg bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan gerak semu.

Teko sebagai matahari sedangkan kamera adalah mata yg ada di bumi.

Siswa lbh mudah memahami.

Nah coba tonton video tersebut sambil tiduran berulang2.

Dan jadikan HP Bapak/Ibu sebagai kenampakan langit.

Teko akan muncul dari samping kiri ke kanan dan menghilang.

Nah itu mirip dengan gerak semu harian matahari.

Nah saya berpikir bagaimana supaya hal tersebut bisa ditampilkan di kelas.
Maka kamera yg saya pasang harus bisa live menampilkan kenampakan langit.

Kamera saya hubungkan ke laptop dan saya hubungkan ke proyektor (LCD) saya sorotkan ke langit2 kelas.

Maka jadilah planetarium bekam.
Bekam = Globe berkamera.
Globe dipasang kamera web com.
Cara menggunakan dalam pembelajaran seperti menggunakan globe biasa.


Pak Agus, Sri Dwi Murwaningsih SD Surubendo. *Seberapa jauh peran KS dalam prestasi njenengan? Langkah langjah apa yang telah beliau ( KS) lakukan sehingga guru bisa berinovasi dan meningkatkan kwalitas diri secara maksimal. Apakah teman teman satu sekolah Pak Agus juga melaksanakan hal yang sama dgn Pak Agus? Ya, walaupun mgkn tdk ikut lomba.* Terimakasih.

Pak Agus, Sri Dwi Murwaningsih SD Surubendo. *Seberapa jauh peran KS dalam prestasi njenengan? Langkah langjah apa yang telah beliau ( KS) lakukan sehingga guru bisa berinovasi dan meningkatkan kwalitas diri secara maksimal. Apakah teman teman satu sekolah Pak Agus juga melaksanakan hal yang sama dgn Pak Agus? Ya, walaupun mgkn tdk ikut lomba.* Terimakasih.
Assalamualaikum wr.wb

1.Untuk karya inobel..ada kriterianya?
2.utk karya yg bagus apakah dilihat dari multifungsinya?

3.Untuk pembuatan makalah karya inobel apakah seperti PTK?
perlu dicantumkan rumusan masalah?

Safitri Purbalingga


Assalamualaikum Pak Agus, perkenalkan saya Pak Etik dari Kabupaten Pemalang

Disamping karya inovatif bapak, apa yang membuat bapak menjadi Guru Berdedikasi  Daerah Khusus tk Nasional tahun 2016.
apa kiat2 sukses bapak 

kebetulan saya mulai tahun 2016 sampai sekarang bekerja di SD  Daerah Khusus.

terima kasih.

Pak agus saya mau tanya..saya kan guru fisika. Sebenarnya banyak karya inovatif yg bisa dibuat tp bila di sekolah alat praktikumnya sdh banyak, bagaimana caranya saya membuat karya inovatif tersebut? Sri indayani lamongan.


Jawab :
Selamat malam Ibu Kepsek. 
Alhamdulillah Bapak Kepala sekolah Kami baik yg lama maupun yg baru sangat mendukung kegiatan2 saya.

Syarat guru berdedikasi dulu 2016 adalah penunjukan dinas propinsi kabupaten yang diambilkan dari Gupres (sekolah khsusu) peringkat terbaik namun tidak lolos ke propinsi.

Kalau 2019 adalah dengan pendaftaran melalui akun kesharlindung Dikdas dan rekomendasi Dikpora propinsi.

Bu Etik silahkan pantau terus akun kesharlindung. Jika propinsi ada seleksi silahkan dipersiapkan sama seperti Gupres tetapi lebih kepada dedikasi bukan prestasi.

Kunci Inovasi 
1. Menemukan baru
2. Menyempurnakan yang lama.

Silahkan terapkan APIK tadi menurut kondisi anda sendiri.

Minimalkan administrasi, lebih ke hal2 aplikatif dalam mengajar, ingat kita adalah guru, tugas utama kita mengajar, administrasi kebanyaka hanyalah formalitas jadi utamakan administrasi yg penting2 saja.

Pendaftaran inobel adalah melalui seleski karya tulis, maka buat karya tulis secara APIK. Judul yg menarik, segar/baru, berbeda dari yg lain dan tentu saja harus lolos uji smiliarity maksimal 30% turnitine.

Karya tulisnya yg paling bagus adalah karya pengembangan (Research & design) 
Kalau tidak bisa lebih baik bestpractise.
Tidak perlu banyak fungsi tetapi berpengaruh dan mempunyai rentetan keberhasilan dalam menyelesaikan masalah.


Apa yang menjadi kendala ketika akan meraih juara inobel?
Pengendalian diri, agar tidak terjebak dalam sikap yg merugika penilaian juri. Semisal dalam menanggapi sanggahan atau masukan juri harus hati2 dan tidak menyinggung. Membela diri dengan dengan kata2 tersembunyi agar tidak terkesan rendah diri apalagi menyalahkan diri sendiri.
Selamat malam p Agus moga panjen sehat selalu..sy bu trini dr Sd Wno 1 Gk peserta belajar menulis gel 8 
Tanya ya pak Apakah inobel sama sprt membuat PTK ...bedanya apa antara PTK dan inobel ?

Aamiin, terimakasih dan selamat malam Bu. 
PTK adalah salah satu bentuk karya tulis inovasi didalam PTK ada inovasi.

Maka PTK boleh diikutkan dalam lomba inobel.


Pak @⁨Tri Agus Cahyo Inobel⁩ 
SD'ku tidak seperti SD Lain yang sarpras'nya Lengkap.
Untuk pembeLajaran STEM saja tidak mendukung.
Mohon tips'nya metode atau modeL pembeLajaran apa yang tepat untuk keLas saya?

Terimakasih.
Dalam penilaian seleksi inobel pertama adalah seleski:
1. administrasi, karya tulis, 
2.workshop, 
3. final (display& presentasi).

Kunci lolos seleksi pertama harus membuat karya tulis yg layak lolos.

Keterbatasan adalah kekuatan jadi gunakan hal tersebut untuk menjadi sebab munculnya lebih banyak ide dan meningkatkan kompetensi njenengan.

Untuk membuat karya tulis yg layak lolos uji smiliarity tipsnya 
1. Sedikit mengutip langsung
2. Gunakan sumber asing terjemahkan sebisanya
3. Jangan membaca buku sumber / KTI oranglain saat menulis.

Syarat lolos workshop:
1. Mengikuti kegiatan dengan baik
2. Apa yg diulang2 narasumber lakukan
3. Tetap fokus dan jangan minder dengan karya peserta lain.

Assalamualaikum pak, saya noralia dari Semarang
Mohon ijin bertanya
1. Bolehkah saya tau judul karya inovatif bapak yang lolos di inobel?
2. Inovasi pembelajaran seperti apa yang sedang in sekarang ini?
3. Tahun kemarin sebenarnya saya tertarik ikut inobel, tetapi terkendala NUPTK saya yang belum keluar, sebenarnya lomba karya tulis apa saja yang dapat diikuti oleh guru selain inobel, dengan catatan bisa diikuti oleh semua guru tanpa ada syarat khusus NUPTK. Terimakasih.

Tambahan pertanyaan pak
4. Apakah di inobel selalu inovasi tentang alat peraga yang menjadi juara, apakah tidak ada yang berinovasi tentang model pembelajaran?

Syarat menang di final:
1. Berani modal untuk display yg baik
2. Rancangan Pencitraan sikap dalam presentasi
3. Berdoa dan tawakal jangan terlalu senang menikmati Jalan2 yg disediakan panitia.

Assalamualaikum pak Agus, saya ika dari tangerang.....sebenarnya kriteria penilaian untuk guru inobel itu apa saja?apakah kriteria ny sama dr tingkat kecamatan smp tingkat internasional. dan yang disebut inobel itu seperti apa? (berdasarkan pengalaman sy pernah diajukan ikut lomba guru inobel tp tidak dpt juara pak, karena diberitahukan mendadak dan kurang info serta pengalaman).

Tidak, bisa tentang model atau pendekatan.

Untuk model atau pendekatan harus kuat dalam berteori (landasan teori) jadi menguasai teori2 belajar. Harus berhati2 dalam menyusun sintak yg mirip langkah2nya dengan model yg sudah ada karena akan terdeteksi plagiat.
Inobel tingkat nasional pendaftaran mandiri, tidak melalui penunjukan. Jika melalui penunjukkan mungkin penyelenggaranya tingkat propinsi atau kabupaten
Tidak berjenjang seperti Gupres, OGN, Anugerah MK.
Kesimpulan
Dalam berinovasi jangan memikirkan masalah yg bersumber dari luar seperti lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, dll tetapi FOKUS pada KOMPETENSI DIRI itulah yg akan memudahkan kita menemukan hal2/ide penting yg membantu keberhasilan pembelajaran. Sehingga tidak hanya inobel yg kita dapat,.. OGN akan dapat, Gupres juga akan kita dapat. Jadi tingkatkan kualitas diri untuk karya yg berkualitas. Terima kasih dan semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekilafan.

6 komentar: