Senin, 06 November 2023

CURRIKULUM VITAE EMI SUDARWATI

EMI SUDARWATI.  Alumni Jurusan Bahasa Daerah IKIP Negeri Surabaya tahun 1993 dan lulus tahun 1998.  Mengajar di SMPN 1 Baureno ini sejak tahun 2005.  Disamping aktif mengajar, juga telah menulis dan menerbitkan beberapa karya sastra Jawa dan Sastra Indonesia.  Editor lebih dari 300 buku karya siswa dan guru Indonesia.
Sebagai PJ Budaya Lingkungan dan Pembiasaan Sekolah (tahun 2013-2016), aktf sebagai pembina majalah siswa Bhakti  (tahun 2009-2018), Penggagas perpustakaan mini di kelas, dan mengupayakan pengembangan diri Teater Bhakti.  Pengurus MGMP Bahasa Jawa Kabupaten Bojonegoro (tahun 2014-2019) ini juga sebagai salah Guru Ahli di Pusat Belajar Guru Kabupaten Bojonegoro.

Penulis novel berjudul Ngilon (2014), Novel Kinanthi (2017), Rona Hidup (2018),  Petualangan Siswa Indigo (2019), Novel Sujud Sangisore Talang Mas, dan Kumpulan Esai Menulis dan Menerbitkan Buku untuk Keliling Nusantara dan Dunia (2019).  Nulis MB ganggo Aksara Jawa (2020), Biografi Mardikun (2021), CRILUNGDA (2021), Sinau Karakter Lumantar Dongeng (2021) dan ratusan buku antologi.

Bergabung dengan Persatuan Masyarakan Budaya Nasional Indonesia (PERMADANI).  Pengelola TBM Kinathi ini juga pimpinan Grup Patungan Buku Inspiratif, yang sudah menerbitkan lebih dari 500 buku ber isbn.  
Pada Tanggal 28 Oktober 2015, mendapat penghargaan dari Balai Bahasa Jawa Timur sebagai Guru Bahasa Jawa Kreatif.  Pada tahun yang sama, juga mendapat penghargaan sebagai finalis Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional.  
Ketua Yayasan Tiga Srikandhi Sejati (Y3SS)
Pada tahun 2016, sebagai juara III Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Bojonegoro. Pada tahun yang sama, juga sebagai juara I Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional, kategoro SORAK (Seni, Olah raga, Agama dan Muatan lokal, dan Bimbingan Konseling).  Prestasi ini yang mengantarnya berkunjung ke negeri Kincir Angin Belanda.  Mempelajari sistem pendidikan yang ada di Universitas Windesheim dan Iclon Universitas Leiden.  Juga berkunjung ke sekolah-sekolah terbaik di Hollan dan Nederlands.
Tahun 2020 sebagai finalis Guru Inspiratif Nasional.
Tahun 2021 masuk 10 besar penulis sinopsis film Perpustakaan Film Nasional.
Tahun 2021 juara 1 Lomba Menulis Cerpen Penerbit Loka Media Cirebon.
Penulis Puisi Terfavorit 3 Nasional CV. Dirliv Media Lombok Timur.
Tahun 2022 meraih juara 2 Lomba membuat video Hari Ibu dari Bimbel Abimantra Bojonegoro.
Tahun 2023 Penulis Terbaik 1 Legenda Jatim Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban dalam Rangka Tuban Sembada (Semarak Menulis dan Membaca Legenda) menuju rekor MURI 2023.

23 komentar:

  1. Balasan
    1. Senang berkenalan dengan Bu Aam. Mengajar di mana Bu?

      Hapus
    2. Assalamualaikum bun, salam kenal

      Hapus
  2. Matur nuwun Pak. Salam kenal. Bapak asal dari mana?

    BalasHapus
  3. Salam kenal ibu yang hebat.. saya semakin merasa begitu terlambat datangnya keinginan menulis hehe..

    BalasHapus
  4. Salam kenal, ibu sungguh sangat bertalenta dan sangat menginspirasi. Semoga saya juga bisa mengikuti jejak ibu. Aamiin

    BalasHapus
  5. Selamat Bu dengan prestasi nya dan perannya sungguh utama plus mmwginspirasi semangat berliterasi

    BalasHapus
  6. Saya senang mengikuti materi Bu Emi. Sangat memotivasi. Kesan yang saya tangkap, menulis dan menerbitkan buku tidak "seseram" yang saya duga. Terima kasih nasihatnya untuk baca, baca, baca, dan tuliskan!

    BalasHapus
  7. Salut dengan prestasi yang bu emi raih..semoga bisa ketularan ilmunya...

    BalasHapus
  8. mantab luar biasa, saya dari sumberagung kepohbaru, ibu salam kenal

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum ibu Emi, salam kenal bu, saya bu Tati dari Sumbawa NTB, wow prestasi ibu luar biasa...senang bisa mendapat kehormatan belajar bersama dan mendapat motivasi dari ibu

    BalasHapus
  10. Masya Alloh... luar biasa ibu... alhamdulillah bisa bertemu org hebat seperti ibu. Terima kasih ibu atas ilmu yg akan diberikan. Semoga bermanfaat. Aamiin...

    BalasHapus
  11. Salam kenal Bunda Emi..Subhanallaah hebat sekali..sudah melahirkan 500 lebih karya 👍

    BalasHapus
  12. Salam kenal dari Purbalingga, Bu Emi. Luar biasa ilmunya. Terima kasih sudah menginspirasi.

    BalasHapus
  13. salut dengan prestasi ibu.Salam kenal.

    BalasHapus
  14. Masya Allah, senang bahagia dan bangga menjalin relasi dgn Ibu Emi. Salam jabat hati dari Makassar.

    BalasHapus