Kamis, 19 November 2020

Hadiah Ultah yang Indah

Hadiah Ultah yang Indah
Hari ini, 20 November 2020.
Usia saya genap 45 tahun.  Ada banyak penyesalan dan kegelisahan dalam diri ini.  Karena ternyata, masih belum banyak angna-angan yang bisa terlaksana.  Banyak juga salah , hilaf dan dosa yang belum terhapus kan.  Ya Allah.... Semoga diusia yang lebih dari dewasa ini, saya masih diberi kesempatan memperbaiki semuanya.  Menebus dosa-dosa saya.  Terutama kepada suami dan anak-anak.  Juga kepada keluarga dan teman-teman, juga rekan kerja.
Namun di satu sisi.  Gusti Allah memberikan hadiah terindah.  Betapa tidak. Tahun ini untuk pertama kalinya saya ikut seleksi apresiasi guru dan kepala sekolah inspiratif tingkat nasional. Ternyata masuk 20 besar dan diundang untuk mengikuti webinar peserta wawancara secara online.   Wawancara ini bertujuan untuk memilih 5 besar nasional. 
Hari Senin saya dapat kabar dari Bu Ninik di grup APKS PGRI Kabupaten Bojonegoro.  Kalau nama saya ada di undangan pemanggilan peserta 20 besar apresiasi guru dan kepala sekolah GTK Dikdas.  
Namun sampai sore saya belum juga mendapat pemberitahuan resmi dari panitia.  Akhirnya memberanikan diri untuk WA Pak Dakroni dan menanyakan perihal tersebut.  Awalnya beliau mengatakan bahwa tidak ada nama saya di undangan Lalu Beliau membacakan nama-nama peserta.  Sampai pada urutan nama Bu Ninik yang disebut.  Saya bilang bahwa itu guru SD, sedangkan saya guru SMP.
Kembali beliau ngecek nama-nama guru SMP.   Alhamdulillah ada nama saya. Beliau berjanji akan memberitahukan kepada panitia yang akan memanggil atau memberitahukan kepada saya via telepon.   
Tapi sampai hari Selasa pagi belum juga ada panitia yang secara resmi memberitahukan kepada saya.  Untungnya Bu Ninik sudah terlebih dahulu mengirimkan undangan yang beliau terima.  Dari situ saya tahu bahwa kami harus membuat PPT untuk presentasi besok hari Rabu dan Kamis.  Maka meskipun belum mendapat telepon dari panitia saya segera membuat power point tentang deskripsi diri masa lalu masa kini dan masa depan.  Seperti yang dulu pernah saya kirimkan sebagai bahan seleksi.  Saya baca dalam undangan itu ada nama Pak Elia Tding,  Om Jay dan dan Umi Rosida.  Lalu saya coba WA Bu Umi dan Pak Ellia.  Karena Om Jau sedang sakit,jadi saya tidak berani mengganggu.  Saya tanya apakah beliau berdua sudah dimasukkan ke dalam grup finalis?  Ternyata mereka bilang sudah.  Mereka bertanya balik kenapa saya belum masuk di grup tersebut? kemudian saya meminta tolong agar mereka memberitahukan kepada admin grup untuk memasukkan saya ke dalam grup.  Alhamdulillah ada email masuk dari Pak Angga.  Beliau adalah panitia seleksi apresiasi guru dan kepala sekolah inspiratif.  Yang memberitahukan bahwa saya masuk dalam 20 besar Finalis.   namun WA saya tidak bisa dihubungi.  Padahal WA saya aktif.  
Tak lama setelah itu beliau segera memasukkan Nama saya atau nomor WA saya ke grup.  Bahagia sekali rasanya bisa ber berkumpul dengan orang-orang hebat dari seluruh Indonesia di grup tersebut.  saya juga dapat kabar bahwa hari itu juga PowerPoint harus sudah dikumpulkan ke email Pak Angga sebelum jam 12 siang.  untungnya semalam saya sudah menyelesaikan PowerPoint tersebut.  Sehingga pagi itu juga bisa langsung saya kirimkan.  Namun ada yang harus dibenahi.  Padahal pagi itu saya sedang di rumah sakit untuk mengantarkan anak yang yang tes laboratorium dan rekam jantung.  Maka sambil menunggu di depan loket saya mengedit PowerPoint tersebut.  Setelah selesai langsung saya kirimkan.  Ternyata masih ada kekurangan, yaitu harus mengirim foto dan alamat sekolah dalam powerpoint terpisah.  Tapi ternyata baterai di laptop saya habis.  Sudah keliling Rumah sakit mencari colokan untuk ngecas laptop tidak menemukan juga.  Lalu saya beranikan diri wa Bu Umi dan Pak Elia Toding agar mengirimkan contoh apa saja  biodata yang harus dikirim.   agar saya bisa mengedit dan membuat PowerPoint dengan menggunakan HP.  Alhamdulillah beliau berdua segera mengirimkan contohnya.   Saya juga WA Pak Angga.  Menjelaskan bahwa saat ini saya sedang di rumah sakit jadi misalkan sampai ada keterlambatan mohon dimaklumi.   Alhamdulillah beliau mau menunggu sampai besuk.  Karena jadwal presentasi saya tidak hari ini. Melainkan hari Kamis tanggal 19 November.  
Kamis 19 November 2020. Seharusnya saya dapat jadwal wawancara dan presentasi jam 14. 30.  Namun karena peserta yang harus tampil pertama ada halangan maka saya dihubungi oleh Pak Angga.  Ditanya apakah saya siap maju presentasi jam 14.00.  Saya menjawab siap.
Jam 14 kurang 10 menit saya sudah mencoba masuk ke link zoom namun belum bisa.  Baru diterima tepat pukul 14.00.   
Ternyata di situ hanya ada dua juri yaitu Dr. Yudi dan ibu Euis.  Serta satu panitia yang tidak nampak videonya.  Wah.... serasa ujian skripsi saja nih.  Saya hanya berhadapan dengan dua juri.  
Suami saya ikut sibuk merekam presentasi dan wawancara tersebut. 
Setelah ditanya nama dan lain-lain.  Kemudian dipersilahkan  men-share screen PPT saya.  saat presentasi ternyata powerpoint saya tidak bisa berjalan.  Jadi hanya berhenti pada lembar pertama.  Manusiawi saja.  Saya sedikit panik.  beruntung segera bisa menguasai dan menenangkan diri.  Saya bertanya kepada juri, apakah boleh melanjutkan presentasi meskipun PowerPoint tidak bisa berjalan.  Beliau membolehkan, karena sudah membaca powerpoint saya dari panitia.  Begitu katanya.   
Juri hanya bertanya,  kenapa saya bisa melakukan kegiatan di Yayasan dan di TBM sebanyak itu.  sementara kegiatan mengajar bagaimana? saya jawab bahwa kegiatan di TBM dan yayasan hanya saya lakukan pada hari Minggu.  
Kamis 20 November 2020.  Bertepatan dengan hari lahir atau hari ulang tahun saya.  Pagi itu akan ada pengumuman dan penutupan kegiatan apresiasi guru dan kepala sekolah.  Saya sudah menyangka tidak mungkin bisa masuk karena permasalahan PowerPoint yang tidak bisa jalan saat presentasi.  Saya yakin 5 besar pasti akan dipanggil ke Jakarta untuk ikut upacara HGN.  Padahal di tanggal itu saya harus ke Surabaya karena anak saya akan operasi.  Puji syukur ternyata yang masuk nominasi 5 besar adalah Pak Elia Toding, Bu Umi Rosida dan 3 teman lainnya yang waktu itu saya belum begitu mengenal.  Puas rasanya mendengar pengumuman tersebut.  Saya segera memberikan ucapan selamat kepada mereka berlima.  ini adalah hadiah terindah di usia saya yang ke 45 tahun.  Dapat kesempatan menjadi bagian dari 20 besar calon penerima apresiasi guru dan kepala sekolah inspiratif tingkat nasional adalah pencapaian yang luar biasa bagi saya meskipun belum bisa masuk 5 besar.  Kabarnya, finalis akan dapat piagan 20 besar. Alhamdulillah.

11 komentar:

  1. Selamat bu emi, ibu sdh menjadi pemenang di hati kami dan saya menonton youtube ibu. Nampaknya dewan jiri lebih suka sosok guru inspiratif yg lebih fokus kepada siswa. Sementara presentasi yg dilakukan lebih banyak kpd kegiatan guru. Jadi blm sesuai dengan versi dewan juri hehehe.

    BalasHapus
  2. Waouww, luar biasa perjuangannya, salut Bu 👍

    BalasHapus
  3. Luar biasa selamat Bu Emi Sudarwati lanjut

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah... Barokallah untuk milad Bu Emi dan hadiah terindahnya, sudah menjadi pemenang di Kab.Bojonegoro, semoga terus menebar manfaat "Anfauhum Lin naas"...Aamiin

    BalasHapus
  5. Selamat Bu Emi, saya kagum sama Ibu, sangat menginspirasi dg ratusan karya ibu...

    BalasHapus
  6. Selamat ultah dan sukses terus berkarir

    BalasHapus
  7. selamat ultah semuga panjang umur dan berkah

    BalasHapus
  8. Luar biasa hebat Bu Emi, senangnya saya bisa bertemu Ibu yang inspirasinya sangat luar biasa, Sugeng ambal warso mugi tansah pinaringan rahayu wilujeng Bu Emi lan Kang putro anggenipun operasi mangke saged lancar

    BalasHapus
  9. selamat bu emi,, moga terus istiqomah membangun budaya literasi di Indonesia, saya salah satu penggemar panjenengan, mantap jaya...

    BalasHapus
  10. selamat bu emi,, moga terus istiqomah membangun budaya literasi di Indonesia, saya salah satu penggemar panjenengan, mantap jaya...

    BalasHapus